SEO adalah singkatan dari
Search Engine Optimization. diterjemahkan sebagai Optimasi Mesin Pencari. Mesin pencari ini yang dimaksud adalah seperti Google, Yahoo, MSN, My Web Search, dll. Optimasi disini adalah sebuah teknik agar sebuah halaman blog atau lebih bisa tampil dalam hasil pencarian search engine melalui sebuah kata kunci, lebih lanjut kita sebut
keyword.
Keyword atau kata kunci erat sekali hubungannya dengan SEO. Karena kata kunci atau keyword inilah yang akan memberikan relevansi terhadap blog kita. Tujuan utama dari penggunaan teknik SEO adalah untuk meningkatkan peringkat /
rangking blog kita di search engine. Dengan begitu, kita mendapatkan keuntungan:
1. memperoleh target pengunjung yang lebih besar.
2. meningkatkan penjualan,
member, dan
leads.
3. meningkatkan profil blog kita.
Teknik optimasi SEO dibagi menjadi 2 bagian. Yaitu teknik On-Page dan Off-Page.
1. On-PageTeknik ini biasanya dilakukan dengan cara menambahkan keyword ke dalam blog, atau mengoptimalkan keyword yang sudah ada. Optimasi ini setidaknya meliputi aspek-aspek seperti:
*
Title tags.
*
Meta data (
Meta description, Meta keywords, Meta robots tags dll).
* Atribut
alt image (optimasi gambar)
*
Keyword density.
*
Header tags.
*
Outbound link.
* Internal link (navigasi internal).
* Penggunaan flash.
* Robots.txt
2. Off-PageTeknik ini dilakukan diluar blog kita, seperti mendaftar ke search engine, direktori web / blog, atau membangun backlink, dll. Intinya adalah bagaimana membangun link dengan cara mendapatkan link dari website / blog lain yang mengarah ke blog kita. Hal ini penting mengingat fakta bahwa sebagian besar algoritma search engine menentukan ranking sebuah web / blog berdasarkan popularitas link yang dimiliki website / blog tersebut. Pada dasarnya, manakala sebuah website / blog menempatkan link yang mengarah kepada blog kita, ini merupakan satu point. Semakin banyak point yang kita miliki, semakin besar kemungkinan memperoleh ranking di search engine.